HUBUNGAN ANTARA LAMANYA POSISI DUDUK DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PENGEMUDI B KOTA DAMRI DI TERMINAL KARTASURA

FAJRIN , INAYATI (2011) HUBUNGAN ANTARA LAMANYA POSISI DUDUK DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PENGEMUDI B KOTA DAMRI DI TERMINAL KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (598kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustakaa)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Pengemudi merupakan salah satu jenis pekerjaan yang mempunyai resiko gangguan pada otot. Lama duduk dengan posisi yang salah adalah fakor penyebab yang sering ditemukan. Kondisi ini juga dialami oleh para pengemudi bis kota di Surakarta yang setiap harinya melayani peduduk Surakarta dengan mobilitas yang tinggi. Salah satu resikonya adalah terkena nyeri punggung bawah atau Low Back Pain (LBP) miogenik. Penyebab yang paling sering ditemukan yang dapat mengakibatkan LBP adalah kekakuan dan spasme otot punggung oleh karena aktivitas tubuh yang kurang baik serta tegangnya postur tubuh. Selain itu berbagai penyakit juga dapat menyebabkan LBP seperti osteoarthritis, osteoporosis, fibromyalgia, scoliosis, rematik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lamanya posisi mengemudi dengan keluhan nyeri punggung bawah pada pengemudi bis kota Damri di Terminal Kartasura. Penelitian ini dengan metode survey dengan pendekatan croos sectional, menggunakan sampel 14 orang yang memenuhi criteria inklusi. Pengujian hubungan lama duduk dengan keluhan nyeri punggung bawah dapat dilihat dari hasil nilai korelasi product moment (rhitung) adalah sebesar 0,649 dengan p-value sebesar 0,012. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai rhitung sebesar 0,649 lebih besar rtabel sebesar 0,532 atau nilai p- value (0,012) < dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara lamanya posisi duduk dengan keluhan nyeri punggung bawah pada pengemudi bis kota Damri di terminal Kartasura.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lama posisi duduk, Nyeri Punggung Bawah, Pengemudi Bis Damri
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 09:52
Last Modified: 19 May 2011 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12504

Actions (login required)

View Item View Item