PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN DAYA JUAL KEMBALI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA MIO DI SURAKARTA

MEGANTORO, YOGA (2010) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN DAYA JUAL KEMBALI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA MIO DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
file_2__cover-abstrak.pdf

Download (330kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
file_3_-_bab_1.pdf

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
file_8_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
file_4_-_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
file_5_-_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
file_6_-_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
file_7_-_BAB_V_Yoga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
file_9_-_lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Perilaku pembelian seseorang terhadap suatu produk dipengaruhi banyakfaktor. Tiap individu mempunyai keinginan dan selera yang berbeda-beda. Kualitas produk merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, selain itu masih banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi perilaku pembelian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan daya jual kembali terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor Yamaha Mio serta menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian kendaraan Yamaha Mio di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kendaraan bermotor Yamaha Miodi Surakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik Accidental Quota Sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), uji statistik (uji t, uji F dan koefisien determinasi R2).Berdasarkan hasil olah data dengan bantuan komputer program SPSS 10.0 diperoleh hasil sebagai berikut: Y = 1,832 + 0,376X1 - 0,027X2 + 0,188X3 + 0,342X4 + e Koefisien αsebesar 1,832 artinya jika variabel kualitas produk (X1), harga (X2), Promosi (X3) dan daya jual kembali (X4) bernilai konstan maka keputusan pembelian bernilai positif. β1sebesar 0,376 artinya setiap ada peningkatan kualitas produk, maka mengakibatkan keputusan pembelian kendaraan Yamaha Mio naik. β2 sebesar -0,027 (variabel harga negatif) artinya jika harga semakin tinggi, akan mengakibatkan keputusan pembelian menurun. β3 sebesar 0,188 artinya jika setiap ada peningkatan promosi akan mengakibatkan keputusan pembelian Yamaha Mio naik. β4sebesar 0,342 artinya jika daya jual kembali semakin tinggi, maka mengakibatkan keputusan pembelian kendaraan Yamaha Mio naik. Hasil uji t menunjukkan angka thitung 3,885 untuk kualitas produk dan nilai ttabel sebesar 1,960 (thitung> ttabel) hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga menunjukkan nilai thitung sebesar -0,309 dan ttabel 1,960 (thitung< ttabel) hal ini menunjukkan bahwa variabel harga tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel promosi menunjukkan nilai thitung sebesar 2,240 dan ttabel sebesar 1,960 (thitung> ttabel) hal ini menunjukkan bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel daya jual kembali menunjukkan thitung sebesar 5,036 dan ttabel sebesar 1,960 (thitung> ttabel) hal ini menunjukkan bahwa variabel daya jual kembali mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung 27,475 >Ftabel2,459, artinya keempat variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,517. Hal ini berarti Hal ini berarti 51,7% variasi perubahan keputusan pembelian ijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor kualitas produk, harga, promosi, dan daya jual kembali. Sementara sisanya sebesar 48,3% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, promosi dan daya jual kembali berpengaruh terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor Yamaha Mio. Saran yang diberikan adalah Variabel kualitasproduk, promosi, dandayajualkembali berpengaruh signifikan terhadap keputusanpembelian, oleh karena itu pihak produsenkendaraan bermotor Yamaha Mio sebaiknya memperhatikan faktor tersebut dan faktor lain untuk meningkatkan minat konsumen terhadapkeputusanpembelian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, harga, promosi, daya jual kembali dan keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 May 2011 09:49
Last Modified: 19 May 2011 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item