ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2004-2008 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

NIRMALA, PUTRI LISTYA (2010) ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2004-2008 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab 1)
COVER_dan_BAB_I.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Bab Komplit)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Harga saham bergerak sesuai dengan kekuatan penawaran dan permintaan atas saham di pasar sekunder. Tinggi rendahnya harga saham lebih banyak dipengaruhi oleh penilaian pembeli dan penjual terhadap kondisi internal dan eksternal. Kondisi internal dapat diamati dari berbagai indikator kinerja dan rasio keuangan, sehingga investor sangat berkepentingan terhadap laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang dinyatakan dalam Earning Per Share, Return On Asset, Net Profit Margin dan Return On Equity terhadap perubahan harga saham. Data diambil dan kumpulan publikasi laporan keuangan selama tahun 2004-2008 dari perusahaan manufaktur yang terpilih menjadi sampel serta data perubahan harga saham tahun 2004-2008. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEI yang dipilih dengan metode purposive sampling dan diperolehjumlah sampel sebanyak 50 perusahaan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji regresi linier berganda,uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa EPS, ROA, NPM, dan ROE mempunyai nilai probabilitas di bawah 0,05 hal ini berarti variabel EPS, ROA, NPM, dan ROE mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share, Return On Assets, Net Profit Margin, Return On Equity dan perubahan harga saham.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 May 2011 09:09
Last Modified: 19 May 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item