TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP WANITA HAMIL DILUAR NIKAH YANG DI NIKAHI OLEH LAKI-LAKI YANG BUKAN MENGHAMILINYA ( Studi Komparasi Imam Mazhab )

Muchtar, Muchtar (2011) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP WANITA HAMIL DILUAR NIKAH YANG DI NIKAHI OLEH LAKI-LAKI YANG BUKAN MENGHAMILINYA ( Studi Komparasi Imam Mazhab ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstract

Kenyataan yang terjadi di masyarakat menunjukan seorang wanita hamil diluar nikah yang dinikahi bukan dengan laki-laki yang menghamilinya. Pernikahan seperti ini dilakukan karena laki-laki yang menghamilinya tidak bertanggung jawab dan guna menutup aib keluarga wanita yang hamil tersebut, maka dinikahkan dengan laki-laki yang bukan menghamilinya. Apabila perkawinan itu trerjadi antara wanita yang sedang hamil diluar nikah atau akibat berzina dengan teman berzinanya, maka hal tersebut tidaklah menumbulkan permasalahan dari segi kebaikannya, dikarenakan ayat ketiga dari Surat an-Nur memperbolehkannya. Penelitian ini bersifat Library Retearch, yakni penelitian yang ditekankan untuk menelusuri dan menelaah literatur-literatur dan buku-buku pustaka lainnya yang relevan dengan masalah-masalah yang diangkat, dalam hal ini adalah mengenai Wanita Hamil diluar nikah yang dinikahi oleh laki-laki yang bukan menghamilinya (studi komparasi Imam Mazhab). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunkan deskriptif kualitatif. Adapun langkah-langkahnya adalah data-data yang diperoleh penulis berupaya untuk mengkaji dan mengaitkan data-data tersebut disesuaikan dengan pokok permasalahan untuk mendapatkan kejelasan terhadap permasalah yang dibahas, kemudian dipaparkan dalam bentuk penjelasan. Dari hasil penelitian diperoleh bahan : 1. Pandangan Imam Mazhab mengenai wanita hamil diluar nikah yang dinikahi oleh laki-laki yang bukan mengahilinya. 2. Perbedaan Para Imam Mazhab Mengenai wanita hamil diluar nikah yang dinikahi oleh laki-laki yang bukan menhamilnya. 3. Persamaan para Imam Mazhab mengenai wanita hamil diluar nikah yang dinikai oleh laki-laki yang bukan menghamilinya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Imam Mazhab,
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2011 06:30
Last Modified: 19 May 2011 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12471

Actions (login required)

View Item View Item