PENURUNAN KESEIMBANGAN POSTURAL PADA PENDERITA OSTEOARTHRITIS KNEE

ARSIE, BINARTHA and , Dwi Rosella K, S.St FT., M.Fis and , Wijianto, ST, M.Eng, Sc. (2011) PENURUNAN KESEIMBANGAN POSTURAL PADA PENDERITA OSTEOARTHRITIS KNEE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._COVER_LENGKAP.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

TUJUAN: Untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot quadriceps femoris, indeks massa tubuh dan sudut quadriceps terhadap keseimbangan postural pada osteoarthritis knee . LATAR BELAKANG: Pada penderita osteoarthritis knee memiliki keseimbangan postural yang menurun.Hal ini diakibatkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah kekuatan otot quadriceps femoris, indeks massa tubuh dan sudut quadriceps. SUBYEK: Sebanyak 60 responden terdiri dari 48 perempuan dan 12 laki-laki di poliklinik fisioterapi RSUD Dr. Moewardi Surakarta. METODOLOGI PENELITIAN: Jenis penelitian pada penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan desain penilitian one shot test design. Pengukuran keseimbangan postural menggunakan Tinetti Test. ANALISA: Uji normalitas data menggunakan kolmogorov sminov dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan spearman rho. HASIL: Hasil pengujian spearman rho menunjukkan bahwa kekuatan otot quadriceps femoris mempunyai hubungan signifikan dengan keseimbangan postural hal ini ditunjukkan hasil uji korelasi spearman rho dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa IMT mempunyai hubungan yang signifikan dengan keseimbangan postural, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa Q-angle mempunyai hubungan yang signifikan dengan keseimbangan postural, hal ini ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. KESIMPULAN: Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kekuatan otot quadriceps femoris, indeks massa tubuh dan Q-angle terhadap keseimbangan postural pada penderita osteoarthritis knee.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J110/2011 - 18
Uncontrolled Keywords: Kekuatan otot quadriceps femoris, indeks massa tubuh,Q-Angle, keseimbangan postural, osteoarthritis knee.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 06:19
Last Modified: 10 Nov 2016 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12470

Actions (login required)

View Item View Item