EKSPLOITASI WANITA DALAM IKLAN TV DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Deskriptif Kualitatif Iklan Ponds versi 7 Days to Love dan Iklan Citra White Lotion)

Alwasi’u , Jannatin (2010) EKSPLOITASI WANITA DALAM IKLAN TV DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Deskriptif Kualitatif Iklan Ponds versi 7 Days to Love dan Iklan Citra White Lotion). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap eksploitasi tubuh wanita dalam Iklan Ponds versi 7 Days to Love dan Iklan Citra White Lotion. Alasan peneliti memilih iklan Ponds versi 7 Days to Love dan Citra White Lotion karena Ponds dan Citra adalah produk untuk wanita tetapi didalamnya ada unsur eksploitasi terhadap wanita itu sendiri seperti dalam iklan tersebut menampilkan wanita dalam balutan busana mini dan gesture yang menawarkan sensualitas dan terdapat pengambilan gambar yang hanya menunjuk beberapa fragmen tubuh vitalnya secara eksklusif. Eksploitasi wanita dalam iklan Ponds lebih kepada pembentukan budaya dengan membangun citra wanita dimasyarakat. Sedangkan eksploitasi wanita didalam iklan Citra lebih kepada tubuh wanita itu sendiri. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara dan studi literatur. Observasi digunakan untuk mengamati sejauh mana pemaparan iklan Ponds versi 7 Days to Love dan iklan Citra White Lotion dalam televisi yang pemaparannya peneliti amati secara langsung. Kemudian untuk mengarahkan penggalian informasi pada fokus penelitian digunakan panduan pertanyaan. Teknik wawancara ini ditujukan kepada semua informan atau narasumber dengan pertanyaan berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Informan dalam penelitian ini adalah orang yang dianggap mengerti dengan hukum Islam yang berjumlah delapan orang. Kemudian studi literatur dengan menggunakan berbagai sumber bahan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam serta persoalan apa saja yang ada dalam iklan. Melalui gabungan antara sumber tertulis dan pernyataan informan, penulis melakukan analisa berkaitan dengan topik yang diangkat. Setelah melakukan analisa, maka didapatkan kesimpulan bahwa secara umum iklan Ponds versi 7 Days to Love dan Citra White Lotion bertentangan dengan hukum Islam. Dalam kedua iklan tersebut, penulis mendapati ada tiga jenis eksploitasi wanita. Pertama, eksplotasi wanita secara fisik yang terdiri dari: menonjolkan warna kulit, menonjolkan lengan dan pundak, menonjolkan dada dan menonjolkan punggung. Kedua, eksploitasi melalui pembangunan citra atau karakteristik yang terdiri dari: wanita cantik versi media, wanita yang dicintai pasangan dan wanita sebagai penggoda. Ketiga, eksploitasi tenaga kerja wanita oleh media.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK I000/2011-005
Uncontrolled Keywords: eksploitasi wanita, iklan, televisi, hukum Islam, ponds, citra
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 08:18
Last Modified: 11 Jun 2011 04:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item