UPAYA GURU PEMBINA DALAM MENUMBUHKAN MINAT SISWA PADA KEGIATAN MUHADHOROH (Studi kasus di Pondok Pesantren Muhammadiyah Imam Syuhodo, Sukoharjo)

SETIAWAN, FARUQQ (2010) UPAYA GURU PEMBINA DALAM MENUMBUHKAN MINAT SISWA PADA KEGIATAN MUHADHOROH (Studi kasus di Pondok Pesantren Muhammadiyah Imam Syuhodo, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.Bab_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
4.bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
5.Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
6.Bab_IV.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab V)
7.Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

Pondok pesantren Muhammadiyah Imam Syuhodo mempunyai peran strategis dalam membangun, membentuk dan mengarahkan santri menjadi manusia seutuhnya, menjunjung nilai-nilai Islam dalam perilaku sehari-hari, memiliki keimanan yang benar, intelektualitas dan moralitas yang tinggi serta mempunyai semangat juang untuk selalu amar ma'ruf nahi munkar sehingga tercipta masyarakat yang diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru pembina dalam menumbuhkan minat siswa pada kegiatan muhadhoroh di pondok pesantren Muhammadiyah (putra) Imam Syuhodo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengenai sumber data, penulis dapatkan dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber pertama dalam penelitian ini yaitu siswa di pondok pesantren Muhammadiyah (putra) Imam Syuhodo. Di samping itu juga dilakukan wawancara terhadap guru pembina muhadhoroh tentang bagaimana upaya dalam menumbuhkan minat siswa pada kegiatan tersebut. Sedangkan data sekunder meliputi penelitian terdahulu, literatur-literatur dan sebagainya untuk memeperoleh landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Guru pembina muhadhoroh di pondok pesantren Muhammadiyah Imam Syuhodo, telah membuat berbagai terobosan dalam menumbuhkan minat siswa pada kegiatan tersebut. Di antara tujuan dari pembinaan yang dilakukan adalah untuk membina mental para siswa agar dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan dari pesantren kepada masyarakat. Berdasarkan data yang telah terkumpul, kemudian didiskripsikan dan dianalisis, maka penulis menyimpulkan bahwa keberadaan guru pembina muhadhoroh di pondok pesantren Imam Syuhodo melalui serangkaian kegiatan bimbingan dan pembinaan yang dilakukan telah behasil dalam rangka menumbuhkan minat siswa pada kegiatan muhadhoroh. Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru pembina dalam melakukan pembinaan, guru pembina telah berhasil menumbuhkan minat sebagian besar siswa pada kegiatan muhadhoroh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000/2011 - 01
Uncontrolled Keywords: muhadhoroh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:55
Last Modified: 11 Jun 2011 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item