PERAN PONDOK PESANTREN MODERN “IMAM SYUHODO” DALAM PEMBINAAN MASYARAKAT DESA WONOREJO KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2010

FAUZIAH , LILA (2010) PERAN PONDOK PESANTREN MODERN “IMAM SYUHODO” DALAM PEMBINAAN MASYARAKAT DESA WONOREJO KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Pondok Pesantren adalah tempat pendidikan dan pengajaran yang menekankan pelajaran agama Islam yang didukung asrama sebagai tempat tinggal santri yang bersifat permanen. Tujuan pendidikan di pondok pesantren adalah membentuk kepribadian muslim yang menguasai ajaran-ajaran Islam dan mengamalkannya, sehingga bermanfaat bagi agama, masyarakat, dan Negara. Salah satu tempat pendidikan dan pengajaran yang menekankan pelajaran agama Islam adalah Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo yang berada di desa Wonorejo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa peran Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo dalam pembinaan masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo dan apa faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo dalam Pembinaan Masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo beserta faktor-faktor yang menjadi pendukungnya dan faktor-faktor yang menjadi penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan kualitatif yang menggunakan studi deskriptif, yaitu dengan menggunakan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai kasus dan peristiwa serta fenomena yang diteliti. Objek penelitian ini adalah Direktur Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo dan Kepala Desa Wonorejo. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menelaah semua data yang tersedia dari sumbernya kemudian dianalisis untuk mencari faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa keberadaan Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo mempunyai peran yang sangat penting bagi pembinaan masyarakat Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo khususnya dibidang agama yaitu menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat desa Wonorejo untuk selalu mendalami ilmu agama (tafaqquh fiddiin) sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan akhirat kelak yang dilakukan dengan mengadakan majlis ta’lim yang bertempat di masjid-masjid, mushola-mushola dan juga di rumah sebagian warga desa Wonorejo yang bersedia menyiapkankan tempat untuk pengajian. Adapun faktor pendukung dalam pembinaan masyarakat ini adalah kesadaran masyarakat dalam beragama cukup baik dan masyarakat cukup homogen; maksudnya sebagian besar masyarakat desa Wonorejo adalah muslim, bahkan mendekati 100% dan mayoritas merupakan pengikut atau simpatisan dari organisasi yang sama yaitu Organisasi Muhammadiyah. Sedangkan faktor penghambat yang ditemui adalah belum semua pengasuh atau ustadz Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo berperan aktif dan terjun langsung berdakwah di masyarakat dan sebagian kurang dalam bersosialisasi dengan masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:38
Last Modified: 18 May 2011 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12413

Actions (login required)

View Item View Item