PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA JURUSAN (Studi Kasus Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)

SOFIYAH , ANI (2011) PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA JURUSAN (Studi Kasus Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Cover.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan pusat kreativitas yang mampu menghasilkan sumber daya manusia unggul dan beragam produk inovatif hasil karya pengembangan keilmuan sehingga diperlukan peningkatan mutu pendidikan dengan cara evaluasi dan perbaikan kinerja. Pengukuran Kinerja merupakan langkah awal utnuk melakukan evaluasi kinerja. Performance Prism digunakan dalam pengukuran ini karena beberapa kelebihan, antara lain: memiliki 5 perspektif yaitu Satisfaction, Strategy, Process, Capability, dan Contribution serta mengidentifikasi stakeholder dari banyak pihak yang berkepentingan, seperti pemilik dan investor, supplier, pelanggan, tenaga kerja, pemerintah dan masyarakat sekitar. Dari hasil Pengumpulan Data digunakan 6 stakeholder yaitu: Manajemen Jurusan, Employee, Mahasiswa, Lulusan, Pengguna Lulusan, dan Community. Identifikasi Key Performance Indicator (KPI) menjadi tolak ukur dalam pengukuran kinerja perusahaan sedangkan Analytical Hierarchy Process (AHP) membantu dalam menentukan prioritas kontribusi kriteria-kriteria yang ada. Metode OMAX yang digunakan selanjutnya, berfungsi untuk menentukan kinerja masing-masing KPI pada setiap Stakeholder. Perancangan Pengukuran Kinerja dengan Performance Prism di Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta ini menghasilkan 44 indikator kinerja (KPI) yang dipakai untuk mengukur kinerja Jurusan. Dari penilaian dengan menggunakan OMAX pencapaian performansi kinerja jurusan adalah sebesar 5,909.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stakeholder, Performance Prism, Key Performance Indicator, Analytical Hierarchy Process, dan Jurusan.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 13 May 2011 09:57
Last Modified: 13 May 2011 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12323

Actions (login required)

View Item View Item