PERANCANGAN ULANG DASHBOARD DAN LAYOUT KONTROL DRIVER SERTA KURSI PENUMPANG BUS DAMRI AC BERDASARKAN DATA ANTHROPOMETRI (Studi Kasus: PERUM DAMRI Jalan Raya Solo-Sragen Km7, Palur)

SAPUTRO, EKO (2011) PERANCANGAN ULANG DASHBOARD DAN LAYOUT KONTROL DRIVER SERTA KURSI PENUMPANG BUS DAMRI AC BERDASARKAN DATA ANTHROPOMETRI (Studi Kasus: PERUM DAMRI Jalan Raya Solo-Sragen Km7, Palur). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penempatan kontrol untuk transportasi bus dirancang untuk memudahkan pengemudi dalam hal mengendalikan kendaraan. Agar penggunaan kontrol pada ruang kemudi kendaraan lebih efektif dan efisien maka penempatannya harus disesuaikan dengan postur tubuh orang yang akan menggunakannya. Kursi bus dirancang agar pengguna transportasi umum seperti bus ini dapat nyaman, kursi bus yang tidak sesuai dengan antropometri penumpang dapat menyebabkan penumpang cepat mengalami kelelahan, perasaan tidak nyaman dalam perjalanan, menimbulkan pegal-pegal dan rasa sakit pada anggota tubuh. Perancangan layout kontrol dan perancangan kursi yang baik adalah perancangan yang memperhatikan anthropometri bagi penggunanya sehingga dapat digunakan driver dan penumpang dengan mudah, nyaman, tidak menimbulkan kelelahan yang berlebihan serta penyakit. Dengan menggunakan data antropometri dalam perancangan layout kontrol dan kursi bus ini, maka diharapkan ketidaknyamanan yang dialami oleh driver dan penumpang bus bisa diminimalkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain ulang layout kontrol driver dan mendesain ulang kursi penumpang bus DAMRI AC berdasarkan data anthropometri. Dari hasil wawancara dan hasil kuisioner driver dan penumpang bus DAMRI AC, diperoleh bahwasannya untuk layout kontrol seperti tombol kendali dan hand rem pada driver kurang begitu nyaman karena posisi tombol kendali ini berada tepat didepan persneling dan untuk hand rem berada di sebelah kanan driver, dimana driver masuk ke ruang kemudi melalui gang sebelah kanan ini sehingga akses masuk driver ke ruang kemudi terganggu. Selain itu untuk kursi penumpang pada jarak antar kursi dan ketinggian kursi tidak nyaman, sehingga dalam hal ini perlunya perancangan kembali yang disesuaikan dengan data anthropometri. Dari hasil pengolahan data dan analisa data di peroleh dimensi dan hasil rancangan berdasarkan data anthropometri untuk layout kontrol seperti tombol kendali dan hand rem pada posisi kiri depan driver sehingga lebih memudahkan driver untuk menekan tombol dan masuk ke ruang kemudi. Untuk kursi penumpang diperoleh dimensi dan rancangan kursi berdasarkan data anthropometri seperti ketinggian kursi serta jarak antar kursi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011 - 05
Uncontrolled Keywords: Anthropometri, Kontrol Bus, Kursi Bus, Perancangan
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 13 May 2011 09:40
Last Modified: 10 Jun 2011 03:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item View Item