PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN P ENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARTASURA

YATMOKO, YUDHI (2007) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN P ENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab 2 dan 3)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab 4&5)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Dapus.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal_Depan.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf

Download (171kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan metode mengajar, salah satunya yaitu dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 6 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VII F. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sample yang didasarkan atas ciri-ciri yaitu cara mengajar guru yang menggunakan metode ceramah, siswa menganggap pelajaran Biologi sebagai pelajaran yang membosankan, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa pasif dalam pembelajaran, dan pemahaman siswa terhadap materi rendah. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5.0 dan ratarata pada siklus I meningkat menjadi 5.9, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6.6 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 7.6, menunjukkan setelah diberikan materi dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.03 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar sBiologi siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 pada ranah kognitifsebesar 0.03 point atau 3 %. Untuk ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebasar 27.4 (siswa kurang berminat), siklus II sebesar 34.7 (siswa cukup berminat), dan siklus III sebesar 43.2 (siswa sudah berminat).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan pendekatan kontekstual, hasil belajar Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Tri Mulyati
Date Deposited: 13 May 2011 09:38
Last Modified: 13 May 2011 09:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12317

Actions (login required)

View Item View Item