PERANCANGAN MEJA PRAKTIKUM PENGUKURAN WAKTU KERJA PADA STASIUN PENGAMATAN KERJA LABORATORIUM PTI (Studi Kasus di Laboratorium PTI Fakultas Teknik UMS)

PRASETYO, SIGIDAJI (2011) PERANCANGAN MEJA PRAKTIKUM PENGUKURAN WAKTU KERJA PADA STASIUN PENGAMATAN KERJA LABORATORIUM PTI (Studi Kasus di Laboratorium PTI Fakultas Teknik UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2)_Halaman_Depan.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (581kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Padapenelitian ini mempunyai tujuan menganalisa kebutuhan fasilitas pengamatan kerja di Laboratorium TI serta menjabarkan kekurangan meja kerja danpengamatan yang sudah adauntuk merancang kembali meja kerja sebagai fasilitas pendukung pada stasiun pengamatan kerja dengan tujuan memenuhi 2 kebutuhan, yaitu mampu memenuhi keadaan normal mahasiswa praktikan yang diamati, sehingga kenormalan bekerja praktikan dapat tercapai untuk kemudian dihitung waktu baku dan yang kedua mampu memenuhi keadaan tidak normal pada praktikan yang diamati pada meja pengamatan, sehingga praktikan membuat rancangan stasiun kerja yang lebih baik. Meja yang dirancang merupakan meja adjustable yang dapat disesuaikan tinggi rendahnya. Penelitian ini dimulai dari pengumpulan data antropometri, kemudian dilakukan uji statistik berupa uji kecukupan dan uji keseragaman data. Selanjutnya dipilih dimensi antropometri yang sesuai sebagai dasar dimensi perancangan yang dibuat dengan mempertimbangkan persentil yang digunakan. Hasil perhitungan dimensi rancangan meja yang dibutuhkan berdasarkan data antropometri yang telah melalui uji statistikadalah :lebar Meja = 64 cm, panjang Meja = 158 cm, tinggi meja dibuat adjustable sehingga terdapat 3 dimensi, yaitu batas bawah, batas atas dan rata-rata tinggi meja adjustable. Dari hasil perhitungan didapatkan dimensi untuk panjang meja sebagai berikut :Batas atas tinggi meja = 79 cm, rata-rata tinggi meja = 72 cm, batas bawah tinggi meja = 64 cm. Output dari penelitian ini berupagambar perancangan dengan Software SolidWorks2010 dengan memperhatikan hasil perhitungan data antropometri mahasiswa yang telah melalui uji statistik dan perhitungan dimensi dengan mempertimbangan persentil sebagai dasar penentuan dimensi rancangan, selanjutnyamembuat produk berupa meja adjustable sesuai dengan rancangan yang dibuat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antropometri, Meja Adjustable, Praktikum Pengamatan Kerja.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 13 May 2011 09:20
Last Modified: 13 May 2011 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12315

Actions (login required)

View Item View Item