ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen)

ROMADHONA , REZHA LATIF (2011) ANALISA BRAND SWITCHING TERHADAP JENIS MEREK DETERJEN DENGAN METODE BIPLOT DAN MARKOV CHAIN UNTUK MENELAAH PERILAKU KONSUMEN (Studi Kasus : Sartika Swalayan, Jl. Sukowati, Gemolong - Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)

Abstract

Sartika Swalayan sebagai salah satu swalayan dan tempat untuk memasarkan produk deterjen mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen merasa puas menggunakan produk deterjen tersebut. Oleh karena itu, Sartika Swalayan harus melakukan strategi pemasaran yang baik dan mengetahui penjualan produk yang dijualnya termasuk produk deterjen. Untuk mengetahui dan menganalisis penjualan produk deterjen periode berikutnya dapat menggunakan analisis rantai markov, sedangkan untuk mengetahui kelompok konsumen yang banyak menggunakan satu merek deterjen tertentu dapat menggunakan analisis biplot yaitu dengan mengetahui atribut- atribut yang lebih diprioritaskan oleh sebagian besar konsumen dalam memilih satu merek deterjen tertentu Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa brand switching dan penjualan tertinggi untuk bulan Oktober dan November dipegang oleh deterjen merek Rinso yaitu sebesar 26%, 24%, 25% dibandingkan dengan deterjen merek lainnya seperti So-klin (22%,19%,17%), Surf (14%,17%,15%), Daia (11%,10%,8%), Attack (20%,21%,31%), B-29 (4%,5%,2%) dan merek lainnya (3%,4%,2%), sehingga deterjen yang banyak digunakan oleh konsumen Sartika Swalayan adalah merek Rinso. Sedangkan untuk atribut-atribut yang disajikan diperoleh bahwa harga dan unsur deterjen meraih peringkat pertama yang masuk dalam prioritas yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli deterjen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: brand switching, biplot, rantai markov
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 13 May 2011 08:47
Last Modified: 13 May 2011 10:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item View Item