ANALISA TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI BERDASARKAN ALIRAN MATERIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE TFD (TRIANGULAR FLOW DIAGRAM)(Studi Kasus di CV. Trimo Lowong Furniture Boyolali)

PARDI , PARDI (2011) ANALISA TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI BERDASARKAN ALIRAN MATERIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE TFD (TRIANGULAR FLOW DIAGRAM)(Studi Kasus di CV. Trimo Lowong Furniture Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu, mengetahui kondisi tata letak fasilitas produksi saat ini, untuk mengetahui jarak hubungan kerja antara satu stasiun dengan stasiun yang lain, untuk mengetahui beban kerja pada aliran proses pembuatan kursi sekolah dasar, untuk mengetahui bagaimana tata letak fasilitas produksi dengan menggunakan metode TFD. Adapun manfaat dari penelitian ini antara lain, dapat memberikan masukan pada perusahaan mengenai tata letak fasilitas produksi, dan dapat mengaplikasikan teori yang diperoleh dari perkuliahan dalam dunia nyata. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas maka diadakan suatu proses analisa untuk menemukan tata cara pengaturan mesin dan fasilitas yang baik pada lantai produksi. Metode yang digunakan adalah metode Triangular Flow Diagram(TFD). Membuat kartu aliran, untuk mengetahui total volume komponen. Membuat diagram alir, untuk membuat lay out atau tata letak fasilitas produksi yang baru. Membuat MPPC (multi part process chart), dengan tujuan untuk mengetahui alur backtracking. Membuat tabel aliran material produk, untuk mengetahui total seluruh aliran material. Setelah diadakan perhitungan dan analisa dengan menggunakan metode Triangular Flow Diagram(TFD) didapatkan hasil perhitungan jarak dari analisa hubungan antar departemen berdasarkan gambar diagram alir metode triangular flow diagram (TFD). Masing-masing percobaan didapatkan hasil yaitu percobaan I sebesar 21,06782 m3 ; percobaan II sebesar 14,01209 m3 ; percobaan III sebesar 14,90971 m3 ; dan percobaan IV sebesar 13,78549 m3 . Sedangkan untuk jarak analisa hubungan antar departemen diagram alir aktual sebesar 22,11158 m3 . Sedangkan untuk perhitungan dan analisa beban kerja dengan melihat tabel analisa hubungan aliran pemindahan komponen, maka didapatkan hasil jumlah jarak dan beban yang harus dipindahkan dari stasiun awal sampai akhir. Pada Aktual sebesar 1158.617 m4 ; pada Percobaan I sebesar 1069.395 m4 ; pada Percobaan II sebesar 861.6341 m4 ; pada Percobaan III sebesar 908.7945 m4 dan pada Percobaan IV sebesar 764.764 m4 . Karena pada percobaan IV hasilnya terkecil dibandingkan dengan percobaan yang lain, maka peneliti memutuskan percobaan IV sebagai usulan tata letak fasilitas produksi. Untuk masukan perbaikan tata letak fasilitas yang sudah ada atau saat ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tata Letak Fasilitas Produksi, Triangular Flow Diagram, perancangan
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 13 May 2011 08:32
Last Modified: 13 May 2011 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item