PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI DI SURAKARTA

SUKAWATI., FITRIA (2008) PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Surakarta. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian survai dengan menggunakan metodenya deskripif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1357 orang guru SMP Negeri di Surakarta yang terdiri dari 5 klasifikasi sekolah, yaitu SMP Negeri berstandar Internasional, Akselerasi, Imersi, Sekolah Standar Nasional, dan Potensi. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, setelah data angket terkumpul dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan bantuan program SPSS for Windows V. 11.5. dan data instrumen dinyatakan valid dan reliable. Pengujian angket selanjutnya adalah uji prasarat analisis, meliputi uji normalitas (kolmogorov-sirnov). Analsis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji F dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 1.150. Hasil tersebut didukung oleh perhitungan uji t dengan perolehan nilai thitung sebesar 2.674, sementara t tabel dengan tingkat signifikansi 5% sebesar 1.960 atau 2.674 > 1.960. Budaya Sekolah berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 2.185 didukung uji t dengan perolehan nilai thitung sebesar 2.827, sementara t tabel dengan tingkat signifikansi 5% sebesar 1.960 atau 2.827> 1.960. Persepsi Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya sekolah berpengaruh secara bersama terhadap Kinerja Guru hal tersebut ditunjukkan oleh nilai uji F dengan perolehan nilai F hitung sebesar 3.153 sementara F tabel dengan tingkat signifikansi 5% sebesar 3,07 atau (3.153 > 3,07).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 13 May 2009 08:28
Last Modified: 17 Nov 2010 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item