PENGARUH METODE BELAJAR COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH BLIMBING SUKOHARJO TAHUN 2007/2008

Al Alifah, Al Alifah (2008) PENGARUH METODE BELAJAR COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH BLIMBING SUKOHARJO TAHUN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode belajar Collaborative Teamwork Learning (CTL) terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo Tahun 2007/2008. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo yang berjumlah 189 orang. Sampel berjumlah 75, dengan rincian 37 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan test. Data diolah menggunakan bantuan program SPSS for Windows V. 11.5. Analisis data dalam penelitian ini adalah: 1. uji asumsi, meliputi uji normalitas (Jarque Berra) dan uji homoginitas. 2. uji t. untuk mengetahui perbedaan metode belajar CTL dengan metode konvensional terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Collaborative Teamwork Learning (CTL) terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo tahun 2007/2008. ditunjukkan nilai t hitung sebesar 5.713, sementara nilai t tabel untuk lower sebesar 0.8978 dan upper sebesar 1.8860. Hal tersebut menunjukkan 5.713>0.8978 atau 5.713>1.8860., didukung nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh metode belajar Collaborative Teamwork Learning (CTL), hasil belajar ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 13 May 2009 07:58
Last Modified: 26 Nov 2019 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item