PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA

PURWANTO, PURWANTO (2011) PENELETIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO DAN SERAT KULIT KELAPA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A_cover.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan pasir besi non ferro ini untuk mengetahui keausan bahan komposit rem kereta api, mengetahui kekerasan bahan komposit kereta api dan mengetahui sifat fisis bahan komposit dengan foto struktur mikro. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk pasir besi non ferro sebagai penyusun dengan variasi mesh 60,80,100 menggantikan bahan logam agar mengurangi kerusakan roda kereta api dan tidak memercikan api saat pengereman. Serat kulit buah kelapa (serat sabut kelapa) sebagai penguat, serat ini dibersihkan dengan air panas dan alkohol 70% bertujuan untuk memisahkan serat dengan gabus, serat ini menngantikan asbes karena asbes tidak ramah lingkungan, dan sebagai bahan pengikat menggunakan epoxy resin. Dicetak dengan kompaksi 50Kg/cm2 selama 15 menit. Disintering dengan suhu 250 oC pada ruang pemanas selama 60 menit. Dengan uji kekerasan Brinell (DIN 50-351), uji keausan Ogoshi Type OAT-U (SNI 2417 : 2008) dan foto struktur mikro Dari hasil uji spesimen dengan pencucian serat menggunakan air panas didapat harga kekerasan (HB) dan keausan (Ws) untuk Mesh 60 diperoleh HB 14,687 Kg/mm2, Ws 29x10-7 mm2/Kg. Mesh 80 HB 11,339Kg/mm2, Ws 36x10-7 mm2/Kg. Mesh 100 diperoleh HB 11,177 Kg/mm2, Ws 388x10-7 mm2/Kg. Hasil uji spesimen dengan pencucian serat menggunakan alkohol 70% adalah Mesh 60 diperoleh HB 15,512 Kg/mm2, Ws 272x10-7 mm2/Kg. Mesh 80 HB 12,246Kg/mm2, Ws 30x10-7 mm2/Kg. Mesh 100 diperoleh HB 12,024 Kg/mm2, Ws 36x10-7 mm2/Kg. Dan kampas rem merk Fituris sebagai pembanding HB 9,903 Kg/mm2, Ws 37x10-6 mm2/Kg.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D200/2011 - 03
Uncontrolled Keywords: Komposit Rem, Komposisi, Fisis, Mekanis.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 May 2011 09:13
Last Modified: 07 Jun 2011 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12236

Actions (login required)

View Item View Item