STUDI PERBANDINGAN WAKTU PROSES MESIN PENGGULUNG BENANG SPINDLE TUNGGAL MANUAL DENGAN MESIN PENGGULUNG BENANG SPINDLE TUNGGAL PENGGERAK MOTOR LISTRIK

HUDA, MIFTAKHUL (2011) STUDI PERBANDINGAN WAKTU PROSES MESIN PENGGULUNG BENANG SPINDLE TUNGGAL MANUAL DENGAN MESIN PENGGULUNG BENANG SPINDLE TUNGGAL PENGGERAK MOTOR LISTRIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu proses mesin penggulung benang berpenggerak motor listrik dan mesin penggulung benang manual terhadap efektifitas dan efisiensi dalam proses penggulungan benang, mesin penggulung benang ini digunakan untuk industri kecil penggulungan benang di desa Jombor-Klaten. Jenis benang yang digunakan dalam pengujian penggulungan benang adalah benang (wool) benang jahit kasur dengan berat 1 kg. Alat yang digunakan adalah mesin penggulung manual dan mesin penggulung benang manual yang sudah dimodifikasi penggeraknya dengan penggerak motor listrik. Kemudian dilakukan pengujian dengan variabel waktu pemasangan benang, waktu penggulungan benang, waktu pelepasan benang, menganalisis biaya produksi dan efisiensi daya motor listrik yang digunakan dalam penggulungan benang serta membandingkan hasil pengujian mesin penggulung benang eksperimen manual dengan mesin penggulung benang eksperimen motor listrik. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil waktu rata-rata penggulungan benang tercepat pada mesin penggulung benang penggerak motor listrik yaitu 13,61 detik pada pengujian tanpa kardus dan 10,68 detik pada pengujian menggunakan kardus. Pada pengujian penggulungan benang waktu yang paling efektif antara mesin penggulung manual dan mesin penggulung motor listrik yaitu pada mesin penggulung motor listrik untuk benang tanpa kardus dengan waktu 22,66 detik sedangkan untuk pengujian berkardus waktu efektif diperoleh mesin penggulung penggerak motor listrik dengan waktu 32,09 detik. Kemudian untuk efisiensi daya mekanis mesin penggulung benang motor listrik adalah sebesar 3,7% pada pengujian tanpa kardus dan 3,5% pada pengujian berkardus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: benang, penggulungan, efektifitas, efisiensi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 May 2011 08:19
Last Modified: 10 May 2011 10:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12228

Actions (login required)

View Item View Item