PENGARUH PENAMBAHAN TANAH GADONG PADA STABILISASI TANAH LEMPUNG TANON DENGAN SEMEN (Studi Kasus Kerusakan Jalan Desa Jono, Tanon, Sragen)

Setyadi , Deni (2010) PENGARUH PENAMBAHAN TANAH GADONG PADA STABILISASI TANAH LEMPUNG TANON DENGAN SEMEN (Studi Kasus Kerusakan Jalan Desa Jono, Tanon, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._Cover_+_Bab_1.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
1._Tugas_Akhir_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tanah mempunyai peranan penting dalam ilmu Teknik Sipil, karena tanah sebagai pendukung kekuatan konstruksi dasar bangunan tanah juga merupakan media yang paling ideal bagi penerus gaya yang bekerja di atasnya. Berdasarkan letak geografis suatu tempat, jenis tanah, karakteristik dan sifat tanah, tidak semua tanah itu sama sehingga belum tentu tanah tersebut baik digunakan untuk pendukung kekuatan struktur. Demikian juga kondisi tanah di Desa Jono Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen yang sering bermasalah antara lain retak- retak, bergelombang, dan penurunan badan jalan. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini akan dibahas mengenai sifat fisis dan mekanis tanah antara lain nilai CBR dan kuat geser tanah Desa Jono, Tanon, Sragen apabila distabilisasi dengan tanah Gadong dengan persentase 5%, 10% dan semen dengan persentase 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10%. Metode penelitian melalui serangkaian pengujian, yaitu berat jenis (specific gravity), kadar air (water content), analisa saringan dan hydrometer (grain size analysis), CBR soaked dan DST dengan mengacu pada standart ASTM dan prosedur pengujian di Laboratorium Mekanika Tanah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil uji tanah asli menunjukkan bahwa, tanah tersebut merupakan lempung anorganik dengan plastisitas tinggi (high plasticity clay) dengan indeks plastisitas 53.4% dan berdasarkan klasifikasi secara umum tidak terjadi perubahan yang signifikan akan tetapi penambahan Tanah Gadong dan semen mampu memperbaiki sifat tanah Tanon Sragen, hal ini dapat dilihat dari penurunan nilai specific gravity, kadar air, batas cair, batas susut, indeks plastis, Finer # 200 (%) serta peningkatan nilai batas plastis. Selain itu terjadi peningkatan nilai CBR soaked, meningkatkan nilai sudut gesek dalam ( φ ) dan nilai kohesi ( c ). Apabila dibandingkan hasilnya, perbaikan sifat fisis dan mekanis pada campuran tanah dengan tanah gadong (5%) + semen (0%, 2.5%, 5%, 7.5%, 10%) lebih baik daripada campuran tanah dengan tanah gadong (10%) + semen (0%, 2.5%, 5%, 7.5%, 10%)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D100/2011 - 06
Uncontrolled Keywords: tanah, sifat fisis dan mekanis, CBR soaked, DST
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 10 May 2011 03:23
Last Modified: 06 Jun 2011 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item