PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA DOSEN DAN KARYAWAN DI JPOK FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET

HAPSARI, INDRI (2011) PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA DOSEN DAN KARYAWAN DI JPOK FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya kerja terhadap peningkatan prestasi kerja dosen dan karyawan di JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi salah satu pertimbangan dalam penentuan kebijakan serta pengambilan keputusan oleh pihak universitas dalam rangka meningkatkan prestasi kerja dosen dan karyawan, sehingga tujuan yang telah ditetepkan dapat tercapai. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah 39 dosen dan 17 karyawan FKIP JPOK UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Sampel penelitian ini adalah 56 responden dengan total sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengamatan pola kerja (X1) diperoleh nilai thitung = 2,921 > ttabel = 2,009, sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja Dosen dan Karyawan JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret. Gaya kepemimpinan (X2) diperoleh nilai thitung = 1,601 < ttabel = 2,009, sehingga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja Dosen dan Karyawan JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret. Dinamika kelompok kerja (X3) diperoleh nilai thitung = 2,180 > ttabel = 2,009, sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja Dosen dan Karyawan JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret. Pola komunikasi (X4) diperoleh nilai thitung = 2,463 > ttabel = 2,009, sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja Dosen dan Karyawan JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret. Orientasi karyawan (X5) diperoleh nilai thitung = 0,807 < ttabel =2,009, sehingga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja Dosen dan Karyawan JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pola komunikasi mempunyai nilai koefisien regresi yang paling besar jika dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya yaitu sebesar 0,288. Hal ini menunjukkan bahwa pola komunikasi merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi kerja Dosen dan Karyawan JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 33,417 > Ftabel = 2,45, sehingga Ho ditolak artinya pengamatan pola kerja, gaya kepemimpinan, dinamika kelompok kerja, pola komunikasi dan orientasi karyawan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja Dosen dan Karyawan JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,770. Hal ini berarti bahwa variasi prestasi kerja Dosen dan Karyawan JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret sebesar 77% disebabkan oleh pengamatan pola kerja, gaya kepemimpinan, dinamika kelompok kerja, pola komunikasi dan orientasi karyawan, sedangkan sisanya sebesar 33% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengamatan pola kerja, gaya kepemimpinan, dinamika kelompok kerja, pola komunikasi dan orientasi karyawan, prestasi kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 09 May 2011 10:08
Last Modified: 09 May 2011 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12207

Actions (login required)

View Item View Item