PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KINERJA MESIN STUDI EKSPERIMEN PADA SEPEDA MOTOR SUPRA X TAHUN 2002

SANTOSO, SIDIQ IMAM FAJAR (2011) PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KINERJA MESIN STUDI EKSPERIMEN PADA SEPEDA MOTOR SUPRA X TAHUN 2002. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover_+_Bab_1.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Full Text)
Cover_+_Bab.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Zat aditif dengan merek Power & Clean Motor Cycle Formula merupakan aditif jenis octane booster. Penambahan aditif jenis octane booster bertujuan untuk menaikkan angka oktan pada bensin yang ditambah aditif tersebut. Untuk mengetahui pengaruh kenaikan angka oktan pada premium setelah ditambah dengan aditif Power & Clean Motor Cycle Formula terhadap kinerja mesin, maka dilakukan perbandingan kinerja mesin dengan pemakaian bensin tersebut dengan bensin dengan angka oktan yang berbeda, yaitu premium murni dan pertamax. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui nilai torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik dari motor bakar bensin 4 langkah merek Honda Supra X yang menggunakan 3 jenis bensin dengan angka oktan berbeda yaitu premium, premium ditambah aditif Power & Clean Motor Cycle Formula dan pertamax. Dalam penelitian ini mesin uji yang digunakan mempunyai kapasitas mesin 97,1 cc dengan perbandingan kompresi 9,0 : 1. Torsi dan daya mesin diperoleh dari pengujian yang dilakukan dengan menggunakan dynotest mulai dari putaran 4500 sampai dengan 9500 rpm untuk masing-masing bensin. Konsumsi bahan bakar spesifik diperoleh dari pengujian dengan putaran 4500, 5500, 6500, 7500 dan 8500 rpm. Penelitian dilakukan menggunakan dynotest merek Sportdyno V3.3 di Mototech, Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan nilai torsi tertinggi diperoleh pada pemakaian premium sebesar 7,43 Nm pada putaran mesin 6214 rpm. Nilai daya tertinggi diperoleh pada pemakaian premium + aditif sebesar 4,954 kW pada putaran 7710 rpm. Nilai konsumsi bahan bakar terendah diperoleh pada pemakaian premium sebesar 0,088 kg/kWh pada putaran 6500 rpm. Premium ditambah aditif mengalami penurunan nilai torsi rata-rata 2,2%, sedangkan pertamax 2,8% dibandingkan premium. Pada pemakaian premium ditambah aditif walaupun daya tertinggi dapat dicapai, namun terjadi penurunan nilai daya rata-rata 0,36%, sedangkan pertamax 2,5% dibandingkan premium. Konsumsi bahan bakar spesifik rata-rata pada pemakaian pertamax mengalami kenaikan sebesar 5,4%, sedangkan premium ditambah aditif mengalami kenaikan sebesar 6,5% dibandingkan pada pemakaian premium murni.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: zat aditif, angka oktan, torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesif
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 May 2011 07:40
Last Modified: 09 May 2011 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item