PENGARUH PEMASANGAN ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR DENGAN SISTEM MAGNET DAN ELECTRIC HEATER PADA SALURAN BAHAN BAKAR TERHADAP PRESTASI MESIN PADA MOTOR BENSIN

Budiyono, Tri Joko (2011) PENGARUH PEMASANGAN ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR DENGAN SISTEM MAGNET DAN ELECTRIC HEATER PADA SALURAN BAHAN BAKAR TERHADAP PRESTASI MESIN PADA MOTOR BENSIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Bahan bakar minyak merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan suatu saat akan habis. Untuk itu, penghematan dan peningkatan kualitas bahan bakar minyak menjadi sesuatu yang sangat penting. Maka dilakukan pengujian alat penghemat bahan bakar merk Femax yang menggunakan medan magnet dan electric heater. Tujuan pengujian alat penghemat bahan bakar merk Femax adalah untuk mengetahui pengaruhnya terhadap torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik pada motor honda grand Dalam pengujian ini, alat penghemat bahan bakar merk Femax dipasangkan pada saluran bahan bakar menuju karburasi motor bensin merk honda astrea grand. pengujian dilakukan dalam dua tahap, yaitu antara tanpa menggunakan Femax dan dengan menggunakan Femax .pengujian dilakukan dengan dinamometer merk sportdyno v3.2 seri model SD325 di bengkel mototech yogyakarta pengujian dilakukan pada beberapa variabel putaran mesin yaitu 5000 rpm, 6000 rpm, 7000 rpm, 8000 rpm, 9000 rpm, 10000 rpm.Data yang didapat dari pengujian adalah pembebanan pada dinamometer dan waktu mengonsumsi bahan bakar tiap 5 cc. Hasil yang didapatkan dari analisa data adalah torsi dan daya pada pengujian menggunakan Femax mengalami kenaikan pada putaran bawah dibandingkan dengan pengujian tanpa menggunakan Femax Sedangkan hasil analisa konsumsi bahan bakar spesifik dari pengujian menggunakan Femax mengalami penurunan pada putaran mesin rendah dibandingkan dengan pengujian tanpa menggunakan Femax . Akan tetapi pada putaran mesin tinggi, konsumsi bahan bakar spesifik pada pengujian menggunakan Femax tidak mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan pengujian tanpa menggunakan Femax .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BBM, magnet, electric heater, Femax, torsi, daya, KBBS
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 May 2011 07:34
Last Modified: 20 Nov 2019 02:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12196

Actions (login required)

View Item View Item