ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA JALAN ARTERI PRIMER DAN KOLEKTOR PRIMER( STUDI KASUS JALAN A. YANI DAN JALAN dr. RAJIMAN)

NUGROHO, IRWANWAHYU (2010) ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA JALAN ARTERI PRIMER DAN KOLEKTOR PRIMER( STUDI KASUS JALAN A. YANI DAN JALAN dr. RAJIMAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jalan A. Yani dan Jalan dr. Rajiman Surakarta merupakan salah satu jalan arteri primer dan kolektor primer di Surakarta. Dengan panjang 5,2 km dan 4,9 km. Pada tahun 1999-2002 Dinas Perhubungan Surakarta mengadakan survai lalu lintas, dari survai lalu lintas tersebut diketahui bahwa kecepatan rata-rata kendaraan pada Jalan A. Yani adalah 34 km/jam dan jalan dr. Rajiman adalah 30 km/jam. Ternyata kecepatan pada kedua jalan tersebut rendah yaitu di bawah dari kecepatan yang diijinkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik lalu lintas yang terdiri dari volume, kecepatan dan kepadatan, model hubungan terbaik antara kecepatan, kepadatan dan volume berdasar Metode Greenshields, Metode Greenberg dan Metode Underwood, kapasitas dan derajat kejenuhan. Pengambilan data pada penelitian ini dengan cara survai pencatatan kendaraan untuk mengetahui volume lalu lintas dan waktu tempuh setiap kendaraan. Data tersebut kemudian digunakan untuk analisis karakteristik lalu lintas dengan metode yang digunakan Greenshields, Greenberg dan Underwood. Survai lalu lintas dilaksanakan pada hari Kamis, 29 April 2010, Sabtu, 1 Mei 2010 dan Senin, 3 Mei 2010 pada pukul 06.00 – 09.00, 11.00 – 14.00 dan 15.00 – 18.00 WIB. Hasil analisis untuk jalan A. Yani Surakarta diperoleh volume 2069,20 smp/jam, kecepatan 44,85 km/jam, kepadatan 51,47 smp/jam, Space Headway 55,32 m/smp, Time Headway 4,56 dt/smp, kapasitas 5764,76 smp/jam, derajat kejenuhan 0,72, dan untuk jalan dr. Rajiman Surakarta diperoleh volume 2640,20 smp/jam, kecepatan 51,25 km/jam, kepadatan 58,84 smp/jam, Space Headway 37,74 m/smp, Time Headway 0,75 dt/smp, kapasitas 3171,02 smp/jam, derajat kejenuhan 0,83. Dan didapat model matematis terbaik untuk jalan A. Yani arah Utara ke Selatan yaitu model Greenberg , Vs = 19,16*ln197,16/D, untuk arah Utara ke Selatan yaitu model Greenberg, Vs = 20,20*ln 189,36/D, dan untuk jalan dr. Rajiman Surakarta yaitu model Greenshields ,Vs = 54,11-0,16*D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik lalu lintas, Metode Greenshields, Metode Greenberg, Metode Underwood
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 May 2011 04:09
Last Modified: 06 May 2011 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12175

Actions (login required)

View Item View Item