ANALISIS VARIABEL-VARIABEL INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI PINJAMAN LUAR NEGERI DI INDONESIA TAHUN 1981-2007

ANGGORO , EKYAS SIH (2011) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI PINJAMAN LUAR NEGERI DI INDONESIA TAHUN 1981-2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis Variabel -Variabel Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Pinjaman Luar Negeri di Indonesia Tahun 1981-2007”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh produk domestik bruto, penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing, suku bunga internasional, defisit transaksi berjalan,dan defisit anggaran terhadap pinjaman luar negeri di Indonesia tahun 1981-2007. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Variabel independen berupa produk domestik bruto, penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing, suku bunga internasional, defisit transaksi berjalan, dan defisit anggaran. Sedangkan variabel dependen berupa pinjaman luar negeri . Metode analisis data yang digunakan adalah Engle-Granger Error Correction Model (EG-ECM), uji kestasioneran data, uji kebaikan modal, dan uji statistik (uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang berpengaruh secara nyata terhadap pertumbuhan pinjaman luar negeri dalam jangka pendek ialah produk domestik bruto, penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing, dan suku bunga internasional. Sedangkan variabel -variabel yang berpengaruh secara nyata terhadap pertumbuhan pinjaman luar negeri dalam jangka panjang yaitu penanaman modal asing, suku bunga internasional, dan defisit transaksi berjalan dan defisit anggaran pada taraf signifikansi ( ? ) hingga maksimal 10%. Pinjaman luar negeri dalam jangka panjang responsif terhadap seluruh variabel bebas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi yang lebih besar dari 1. Nilai koefisien regresi dalam jangka pendek yang responsif adalah penanaman modal asing, suku bunga internasional, defisit anggaran, dan defisit transaksi berjalan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B300/2011-007
Uncontrolled Keywords: Pinjaman Luar Negeri, produk domestik bruto, penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing, suku bunga internasional, defisit transaksi berjalan,dan defisit anggaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 05:30
Last Modified: 06 May 2011 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item