PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Go Public Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

RESTIANA , LELY WINDA (2011) PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Go Public Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (426kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti secara empiris erhadap pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan dengan nilai Tobin’s Q. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 32 perusahaan setiap tahun. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Sebelum pengujian regresi linier berganda mensyaratkan dilakukannya pengujian asumsi klasik. Pengujian yang perlu dilakukan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Nilai signifikansi (α) sebesar 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi F < 0,05, artinya model fit. Disimpulkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional sudah tepat dalam mengukur nilai perusahaan. Nilai ignifikansi statistik variabel pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan kepemilikan institusional t < 0,05. Maka disimpulkan bahwa pengungkapan anggung jawab sosial perusahaan dan kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan Nilai signifikansi statistik kepemilikan manajerial t > 0,05.Maka disimpulkan bahwa variabel kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 03:48
Last Modified: 05 May 2011 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

View Item View Item