PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM MENENTUKAN BESARNYA TARIF JASA RAWAT INAP (Studi Kasus Pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta)

HIDAYAH , ULFAH (2011) PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM MENENTUKAN BESARNYA TARIF JASA RAWAT INAP (Studi Kasus Pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_depan.pdf

Download (408kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAK.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemungkinan penerapan metode ABC System sebagai sistem penentuan tarif jasa rawat inap dan untuk mengetahui penghitungan biaya antara penghitungan yang ada pada RSUD dan metode ABC System. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan mengambil obyek pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dengan cara wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah: mengidentifikasi aktivitas dan pusat aktivitas, mengklasifikasikan aktivitas biaya ke dalam berbagai aktivitas, mengidentifikasikan cost driver, menentukan tarif per unit cost driver, membebankan biaya ke produk dengan menggunakan tarif cost driver dan ukuran aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya selisih tarif antara penghitungan tarif rawat inap dengan menggunakan metode tradisional dan ABC System. Pada metode biaya tradisional biaya overhead pada masing-masing produk oleh RSUD Dr. Moewardi Surakarta ditentukan atas dasar perkiraan. Metode ABC System sangat mungkin diterapkan untuk menghitung tarif jasa rawat inap Hal ini dikarenakan semua yang dibutuhkan dalam penghitungan dengan metode ini sudah tersedia, seperti tarif biaya setiap aktivitas, cost driver untuk masing-masing aktivitas, dan data-data biaya pendukung yang berhubungan dengan penghitungan metode ABC System.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ABC System, biaya tradisional, cost driver, biaya overhead
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 03:08
Last Modified: 05 May 2011 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12108

Actions (login required)

View Item View Item