PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI)

SETYAWATI , YULIANA (2011) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (887kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan prinsip corporate governance dalam suatu perusahaan merupakan tuntutan atas perkembangan perekonomian yang semakin mengglobal dimana perusahaan diharapkan mampu bersaing melalui peningkatan kinerja perusahaan. Manajemen laba merupakan tindakan manajemen yang berupaya memanipulasi laporan keuangan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraanya secara personal maupun untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance khususnya komposisi dewan komisaris, ukuran dewan komisaris, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan data sekunder perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2007 s/d 2009 dengan sampel 53 perusahaan (149 data setelah outliers). Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) komposisi dewan komisaris dengan nilai thitung sebesar 0,603 dan probabilitas sebesar 0,547 (p>0,05) tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. 2) ukuran dewan komisaris dengan nilai thitung sebesar 0,996 dan probabilitas sebesar 0,321 (p>0,05) tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. 3) ukuran perusahaan dengan nilai thitung sebesar -2,660 dan probabilitas sebesar 0,009 (p<0.05) berpengaruh terhadap

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: corporate governance, komposisi dewan komisaris, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, manajemen laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 03:03
Last Modified: 05 May 2011 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12107

Actions (login required)

View Item View Item