ANALISIS EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODAL ASING TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI ( Studi Empiris pada PT. Solo Murni Surakarta )

ANDRIYANI, ANIS SAFA’ATIN (2011) ANALISIS EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODAL ASING TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI ( Studi Empiris pada PT. Solo Murni Surakarta ). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat efisiensi penggunaan modal asing pada PT. Solo Murni Surakarta selama tahun 2001/2008. 2) Untuk mengetahui penggunaan modal asing pada PT. Solo Murni Surakarta selama tahun 2001/2008 terhadap perubahan rentabilitas ekonomi. Dalam usaha untuk memecahkan tujuan dari penelitian tersebut penulis menggunakan alat analisis Profit Margin, Total Assest Turn Over, Earning Power dan RMS. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: 1) Diduga penggunaan modal asing selama tahun 2001-2008 pada PT. Solo Murni Surakarta belum efisien. 2) Diduga penggunaan modal asing selama tahun 2001-2008 dapat meningkatkan rentabilitas ekonomi pada PT. Solo Murni Surakarta. Dari perbandingan Rentabilitas Ekonomi dengan tingkat suku bunga pinjaman yang dihitung dengan Profit Margin, Total Assest Turn Over, Earning Power diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan modal asing selama periode tahun 2001-2008 sudah efisien. Pengaruh pengunaan modal asing selama periode tahun 2001-2008 terhadap perubahan Rentabilitas Modal Sendiri dapat dikatakan positif dengan melihat hasil perhitungan: 1. Rate of Return penggunaan modal asing selama periode tahun 2001-2008 lebih besar dari tingkat suku bunga, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan modal asing pada PT. Solo Murni menguntungkan. 2. Rata-rata perubahan RMS lebih besar dari rata-rata perubahan RMS tanpa menggunakan modal asing, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan modal asing dapat meningkatkan RMS. Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh maka saran-saran yang dapat penulis sampaikan kepada perusahaan adalah sebagai berikut: 1. Untuk meningkatkan Rentabilitas Ekonomi perusahaan harus meningkatkan penjualan dan menekan biaya produksi seminimal mungkin. 2. Dalam penggunaan modal asing sebaiknya perusahaan dapat mengukur dari kekuatan modal sendiri dan modal asing dapat digunakan apabila benar-benar dibutuhkan untuk mendukung permintaan pasar yang meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011-018
Uncontrolled Keywords: analisis Profit Margin, Total Assest Turn Over, Earning Power
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 May 2011 10:34
Last Modified: 11 May 2011 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12105

Actions (login required)

View Item View Item