PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP AMAL MULYA TAWANGMANGU TAHUN AJARAN 2007/2008

Prihadi, Anwar (2008) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP AMAL MULYA TAWANGMANGU TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah surakarta.

[img] PDF
A310030091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Mata pelajaran indonesia masih dirasakan sulit untuk dipahami oleh sebagian siswa. Oleh karena itu hendaknya disajikan dengan menarik dan menyenangkan. Salah satu pendekatan belajar untuk mengantisipasi kelemahan pendekatan konvensional adalah dengan menggunakan pendekatan learning starts with a question (LSQ). Tujuan penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar bahasa indonesia dengan model pembelajaran learning starts with a question pada siswa kelas VIII semester I SMP Amal Mulya Tawangmangu tahun ajaran 2007/2008 dengan penelitian tindakan kelas. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII B SMP Amal Mulya Tawangmangu Tahun Ajaran 2007/2008 setelah dilakukan tindakan kelas berupa pembelajaran model Learning Starts with a Question (LSQ). Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata prestasi belajar awal siswa sebesar 5,69 meningkat menjadi 6,86 pada siklus 1, selanjutnya menjadi 7,27 pada siklus 2, dan 7,45 pada siklus 3. (2) Pemberian pembelajaran menggunkaan model LSQ meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar mereka. (3) Terjadi peningkatan kognitif siswa dalam proses belajar mengajar setelah diberikan pembelajaran model LSQ. Penelitian menunjukkan tingkat kognitif siswa selama proses tindakan kelas meningkat sebesar 0,24 point atau 24% dari kognitif awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning starts with a question (LSQ)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2008 04:25
Last Modified: 31 Jan 2011 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item