ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

CHRISTYAS , LUTFI HANNING (2011) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara karakteristik perusahaan yang dalam penelitian ini diproksi dalam ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2007 sampai 2009. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan tiap tahunnya. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi berganda. Penggunaan metode analisis regresi dalam pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji apakah model tersebut memenuhi asumsi klasik atau tidak. Pengujian meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesdastisitas dan uji autokorelasi Berdasarkan hasil pengujian statistik t variabel profitabilitas dan kepemilikan manajerial memiliki nilai signifikansi t < 0,05. Hal ini menunjukkan kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan untuk variabel ukuran perusahaan, leverage, dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial karena memiliki nilai signifikansi t > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011-014
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan tanggung jawab sosial, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 09:51
Last Modified: 07 May 2011 04:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12095

Actions (login required)

View Item View Item