ANALISIS HUBUNGAN PERPUTARAN PERSEDIAAN BARANG, PROFIT MARGIN, TURNOVER OF OPERATING ASSETS DAN PERPUTARAN MODAL KERJA DENGAN RENTABILITAS EKONOMI PADA PKPRI WONOSOBO

WAHYUNI , SRI (2007) ANALISIS HUBUNGAN PERPUTARAN PERSEDIAAN BARANG, PROFIT MARGIN, TURNOVER OF OPERATING ASSETS DAN PERPUTARAN MODAL KERJA DENGAN RENTABILITAS EKONOMI PADA PKPRI WONOSOBO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (cover)
A_Cover.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Hal.depan)
B_Hal_depan.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
C_BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab.2.3.4.5)
Bab_2.3_4.5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
PDF (Daft.pustaka)
H_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstract

Koperasi mempunyai kedudukan dan fungsi yang penting bagi perkembangan ekonomi bangsa Indonesaia yang secara bersama-sama Badan Usaha Milik Negara atau Swasta melakukan berbagai usaha demi tercapainya kesejahteraan bagi seluruh rakyat inidonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara perputaran persediaan barang, profit margin, turnover of operating assets dan perputaran modal kerja dengan rentabilitas ekonomi pada PKPRI Wonosobo, sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan bahan evaluasi terhadap kebijakan yang telah diambil dan dijalankan oleh koperasi dan untuk menentukan kebijakan dimasa yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif, yaitu jenis penelitian dengan menganalisis data-data yang diperoleh langsung pada laporan keuangan di PKPRI Wonosobo yang kemudian ditabulasi untuk menentukan apakah antara perputaran persediaan barang, profit margin, turnover of operating assets dan perputaran modal kerja mempunyai hubungan dengan rentabilitas ekonomi pada PKPRI Wonosobo. Adapun metode yang digunakan adalah dengan menggunakan korelasi multivariate. Berdasarkan hasil pengujian koeralis mulivariate maka diperoleh hasil perputaran persediaan barang dengan rentabilitas ekonomi diperoleh nilai r sebesar -0,608, sehingga perputaran persediaan barang mempunyai hubungan yang kuat tapi lemah atau kuat menurunkan dengan rentabilitas ekonomi, untuk profit margin dengan rentabilitas ekonomi diperoleh nilai r sebesar -0,099, sehingga profit margin mempunyai hubungan yang sangat lemah menurunkan dengan rentabilitas ekonomi, untuk Turnover of Operating Assets dengan rentabilitas ekonomi diperoleh nilai r sebesar 0,683, sehingga Turnover of Operating Assets mempunyai hubungan yang kuat meningkatkan dengan rentabilitas ekonomi dan untuk perputaran modal kerja dengan rentabilitas ekonomi diperoleh nilai r sebesar 0,526, sehingga perputaran modal kerja mempunyai hubungan yang sedang meningkatkan dengan rentabilitas ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perputaran persediaan barang, profit margin, turnover of operating assets, perputaran modal kerja, rentabilitas ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 May 2011 04:39
Last Modified: 11 May 2011 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12083

Actions (login required)

View Item View Item