ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA SURAKARTA

SUCAHYO, INDRO (2007) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal.depan)
COVER.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab.2.3.4.5)
Bab.2.3.4.5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar.pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (lampiran)
Kuesioner.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja, dan untuk mempengaruhi gaya kepemimpinan mana yang lebih besar pengaruhnya terhadap motivasi kerja di Dinas Pendapatan Daerah Kota Surakarta. Tahap analisis data dimulai dengan mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pegawai negeri sipil di Dinas Pendapatan Daerah Kota Surakarta. Dengan menggunakan SPSS dan analisis linier berganda melalui uji F dengan derajad signifikan α = 5% F hitung › F tabel (209,875 › 2,53) yang berarti gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, hal tersebut membuktikan bahwa pertama yang menyatakan bahwa gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh terhadap motivasi kerja adalah benar. Sedangkan melalui uji t dengan derajat signifikan α = 0,05 diperoleh t hitung › t tabel, otoriter adalah (13,897 › 1,99), otoriter bijaksana adalah (8,143 › 1,99), manajemen jalan tengah adalah (10,173 › 1,99)dan dari ketiganya yang paling berpengaruh paling besar adalah gaya kepemimpinan otoriter. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis kedua menyatakan variable gaya kepemimpinan otoriter mengenai pengaruh terhadap motivasi kerja adalah benar. Pengaruh berdasarkan antara variable-variabel bebas terdapat dalam gaya kepemimpinan dimana 88,9% dapat dijelaskan oleh variable gaya kepemimpinan, sedangkan sisanya 11,1 % dijelaskan oleh variable-variabel yang lain diluar model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi kerja. Hal ini dapat di buktikan dengan hasil uji F dan uji t yang di terima pada taraf signifikasi 5% (р =0,000). Pengaruh terbesar pada masing-masing variable adalah gaya kepemimpinan otoriter yang berbanding lurus dengan motivasi kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan dan motivasi kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 May 2011 04:38
Last Modified: 11 May 2011 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12076

Actions (login required)

View Item View Item