KEMAMPUAN INFORMASI LABA DAN ARUS KAS PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PERATAAN LABA DALAM MEMPREDIKSI LABA DAN ARUS KAS DI MASA YANG AKAN DATANG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI)

Aji, Dedy Prasetyo (2011) KEMAMPUAN INFORMASI LABA DAN ARUS KAS PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PERATAAN LABA DALAM MEMPREDIKSI LABA DAN ARUS KAS DI MASA YANG AKAN DATANG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN_-_ABSTRAKSI.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

Informasi laba dan arus kas pada perusahaan perata laba merupakan informasi yang dapat diandalkan oleh para pemakai laporan keuangan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan dan berguna untuk mengambil keputusan ekonomi seperti keputusan investasi modal dan menjadi informasi yang penting bagi investor untuk mengetahui perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris bahwa informasi laba dan arus kas pada perusahaan perata laba mempunyai kemampuan dalam memprediksi laba dan arus kas di masa yang akan datang. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan khususnya laporan laba dan arus kas perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2006,2007,2008. Pengambilan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh 55 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, kemudian dipersempit lagi dengan indeks eckel untuk penggolongan perusahaan perata laba dan bukan perata laba dan diperoleh 16 perusahaan perata laba. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Hasil uji t untuk laba masa depan menunjukkan bahwa untuk variabel laba dan arus kas mempunyai nilai probabilitas dibawah 0,05 (P < 0,05), artinya variabel laba dan arus kas mempunyai kemampuan untuk memprediksi laba masa depan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai probabilitas t untuk laba sebesar 0,033 dan arus kas sebesar 0,001 lebih kecil dari tingkat signifikan 0,05.Hasil uji t untuk arus kas masa depan menunjukkan bahwa untuk variabel laba dan arus kas mempunyai nilai probabilitas dibawah 0,05 (P < 0,05), artinya variabel laba dan arus kas mempunyai kemampuan untuk memprediksi arus kas masa depan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai probabilitas t untuk laba sebesar 0,037 dan arus kas sebesar 0,019 lebih kecil dari tingkat signifikan 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: laba sebelum pajak, arus kas operasi , perata laba, laba dan arus kas masa datang.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 08:38
Last Modified: 25 Nov 2019 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item