PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN DESENTRALISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survei pada Perusahaan Tekstil di Pekalongan)

RATNASARI , RATNASARI (2011) PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN DESENTRALISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survei pada Perusahaan Tekstil di Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penganggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial serta pengaruh desentralisasi dan komitmen organisasi terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Survey pada perusahaan tekstil di Pekalongan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengggunakan metode survey dengan penggunaan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer menengah pada Perusahaan Tekstil di Pekalongan. Sampel penelitian sebanyak 45 manajer menengah yang berasal dari 4 perusahaan tekstil di Pekalongan yaitu, PT PISMATEK, PT INDRATEX, PT DUPANTEX, PT PRISATEX. Data yang diperoleh diuji validitas dan uji reliablitas. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda yang meliputi uji F dan uji t dan uji R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial dengan R2 sebesar 15,6% dengan tingkat signifikan 0,012<0,05 sehingga hipotesis pertama dapat diterima. (2) desentralisasi tidak dapat memoderasi hubungan partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial. Ditunjukkan dengan nilai koefesien yang negatif dengan nilai signifikan sebesar 0,332>0,05. Sehinga hipotesis kedua ini ditolak. (3) komitmen juga tidak dapat memoderasi hubungan partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial hal ini ditunjukkan dengan nilai koefesien yang positif dan tingkat signifikan sebesar 0,200>0,05. Sehingga hipotesis ketiga ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penganggaran Partisipatif, Kinerja Manajerial, Desentralisasi dan Komitmen Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 08:17
Last Modified: 04 May 2011 11:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12066

Actions (login required)

View Item View Item