PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Survei pada Rumah Sakit di Surakarta )

HIDAYATI , QODRI LAILA FI (2011) PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Survei pada Rumah Sakit di Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Anggaran yang disusun dalam organisasi yang terdesentralisasi akan lebih realistis, manajer tingkat menengah dan bawah dapat menerima dan melaksanakan secara penuh tanggungjawab atas anggaran yang penyusunannya telah dilimpahkan kepadanya. Tujuan penelitian Pengaruh Penganggaran Partisipatif Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Survei pada Rumah Sakit di Surakarta) ini adalah untuk menguji pengaruh penganggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial dan membuktikan komitmen organisasi sebagai variabel moderating terhadap hubungan penganggaran partisipatif dan kinerja manajerial. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer tingkat menengah dan manajer tingkat bawah pada Rumah Sakit Negeri di Surakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 manajer menengah dan bawah yang berasal dari 2 Rumah Sakit di Surakarta, yaitu RSUD.Dr. Moewardi Surakarta dan Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta. Data yang diperoleh dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment pearson dan Cronbach alpha, analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji f, uji t, dan uji asumsi klasik. Dari hasil analisis pada penelitian ini ditemukan bahwa variabel penganggaran partisipatif (x1) berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial, hal ini dapat dilihat dari t hitung sebesar 3,727 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima. Variabel komitmen organisasi (x2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial , hal ini dilihat dari t hitung sebesar 3,476 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Sedangkan interaksi antara penganggaran partisipatif dan komitmen organisasi (x1*x2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial dilihat dari nilai t hitung sebesar 3,384 dengan tingkat signifikan sebesar 0.001 < 0,05, sehingga hipotesis kedua dalam penelitian ini diterima atau komitmen organisasi dapat memoderasi hubungan antara penganggaran partisipatif dengan kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penganggaran Partisipatif, Kinerja Manajerial, dan Komitmen Organisasi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 07:47
Last Modified: 04 May 2011 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12064

Actions (login required)

View Item View Item