ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT PREDIKSI KEMUNGKINAN KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL DISKRIMINAN ALTMAN PADA PERUSAHAAN RETAIL

KUSNIATI, WAKIDAH (2011) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT PREDIKSI KEMUNGKINAN KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL DISKRIMINAN ALTMAN PADA PERUSAHAAN RETAIL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Suatu perusahaan didirikan untuk memperoleh laba bukan untuk mengalami kebangkrutan, untuk itu diperlukan alat untuk menganalisis kesehatan sejak dini agar perusahaan tidak mengalami apa itu kebangkrutan. Tingkat kemampuan suatu perusahaan untuk dapat terus bersaing sangat ditentukan oleh kinerja dari perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang tidak mampu bersaing untuk mempertahankan kinerjanya lambat laun akan tergusur dari lingkungan industrinya dan akan mengalami kebangkrutan, agar kelangsungan hidup suatu perusahaan dapat tercapai, maka pihak manajemen harus dapat meningkatkan kinerjanya, secara umum kinerja suatu perusahaan ditunjukan dalam laporan keuangan yang dipublikasikan Untuk menganalis kesehatan perusahaan agar terhindar dari kebangkrutan diperlukan data yang ada didalam laporan keuangan yang dipublikasikan dengan menggunakan beberapa alat analisis yang telah ditemukan oleh beberapa peneliti terdahulu. Alat analisis yang dapat digunakan salah satunya adalah metode Altman Z-score yang berguna untuk memprediksi potensi kebangkrutan dan tingkat kesehatan keuangan perusahaan. Metode Altman Z-score ini memiliki 5 rasio variabel yang terdiri dari Net Working Capital to Total Assets, Retained Earnings to Total Assets, Earnings Before Interest and Tax to Total Assets, Market Value of Equity to Book Value of Debt, Sales to Total Assets. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel maka dipilih seluruh seluruh perusahaan disektor Wholesale and Ritel Trade yang laporan keuangannya dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia. Kesimpulan penelitian ini adalah selama tiga tahun berturut-turut 2007-2009 PT Toko Gunung Agung Tbk memiliki nilai Z tertinggi yaitu 12.44, 14.24, 13.76. sedangkan nilai Z terendah dari tahun 2007-2009 dimiliki perusahaan yang berbeda-beda yaitu pada tahun 2007 dimiliki PT AGIS Tbk dengan nilai Z 1.09, pada tahun 2008 dimiliki PT Nusantara Infrastruktur tbk dengan nilai Z 0.36, sedangkan pada tahun 2009 dimiliki PT Rimo Catur Lestari dengan nilai Z negative yaitu -1.15.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011-011
Uncontrolled Keywords: Analisis Laporan Keuangan, Analisis Z-score, Prediksi Kebangkrutan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2011 06:25
Last Modified: 11 May 2011 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12059

Actions (login required)

View Item View Item