PENGARUH PROFESIONALISME, PENGETAHUAN MENDETEKSI KEKELIRUAN DAN ETIKA PROFESI TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS AKUNTAN PUBLIK (Survei Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Surakarta dan Yogyakarta)

WIDAYANTI , KUSUMA (2011) PENGARUH PROFESIONALISME, PENGETAHUAN MENDETEKSI KEKELIRUAN DAN ETIKA PROFESI TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS AKUNTAN PUBLIK (Survei Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme, pengetahuan mendeteksi kekeliruan, dan etika profesi terhadap pertimbangan tingkat materialitas akuntan publik. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi Kantor Akuntan Publik serta para akuntan yang terlibat di dalamnya agar dapat meningkatkan kinerjanya, terutama yang berkaitan dengan pertimbangan tingkat materialitas dalam melaksanakan audit atas laporan keuangan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa opini subyek penelitian secara individual. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui pembagian kuesioner kepada para subyek. Data yang diambil dari opini terhadap pernyataan-pernyataan dalam kuesioner tersebut mewakili variabel-variabel yang akan diukur. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Dari hasil uji t regresi variabel profesionalisme dapat diketahui nilai t hitung sebesar 2,268 dengan probabilitas = 0,031 diterima pada taraf signifikansi 5 % dan koefisien profesionalismenya bernilai positif (0,318), maka hipotesis H1 diterima yaitu profesionalisme berpengaruh secara positif terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan; (2) Dari hasil uji t regresi variabel pengetahuan mendeteksi kekeliruan dapat diketahui nilai t hitung sebesar 2,176 dengan probabilitas = 0,038 diterima pada taraf signifikansi 5 % dan koefisien pengetahuan mendeteksi kekeliruan bernilai positif (0,611), maka hipotesis H2 diterima yaitu pengetahuan mendeteksi kekeliruan berpengaruh secara positif terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan; dan (3) Dari hasil uji t regresi variabel etika profesi dapat diketahui nilai t hitung sebesar 2,240 dengan probabilitas = 0,033 diterima pada taraf signifikansi 5 % dan koefisien etika profesi bernilai positif (0,444), maka hipotesis H3 diterima yaitu etika profesi berpengaruh secara positif terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme, pengetahuan mendeteksi kekeliruan. etika profesi, dan pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 05:18
Last Modified: 04 May 2011 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12046

Actions (login required)

View Item View Item