UMS ETD-db

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN KREDIT (Studi Kasus BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang)

ASMORO, SAPTO NOWO (2011) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN KREDIT (Studi Kasus BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF (HAl.depan)
317kB
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
21kB
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
10kB
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
136kB
[img] PDF (Bab. 2.3.4.5)
Restricted to Repository staff only

295kB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga, lokasi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di PD BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang dan untuk mengetahui diantara tingkat suku bunga, lokasi dan pelayanan manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di PD BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Berdasarkan hasi penelitian diharapkan sebagai masukan pada PD BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan perencanaan dan pengimplementasian strategi pemasaran jasa bank untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, juga bermanfaat dalam merencanakan, mendesain, menganalisis, mengukur, mengimplementasikan, dan mengoperasikan serta, memelihara tingkat layanan yang menguntungkan di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Populasi yang dipakai pada penelitian ini adalah seluruh nasabah PD BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 nasabah PD BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang dengan sampling acsidental sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat suku bunga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,582 > 2,013 (p= 0,013 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Lokasi (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 2,771 > 2,013 (p= 0,008 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Pelayanan (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 3,999 > 2,013 (p= 0,000 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 40,628 > 2,84 (p= 0,000 < 0,05); sehingga tingkat suku bunga, lokasi dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,726; berarti keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang dipengaruhi oleh variasi tingkat suku bunga, lokasi dan pelayanan sebesar 72,6%; sementara sisanya sebesar 27,4% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pelayanan mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,490 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel tingkat suku bunga dan lokasi. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit di BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:B100060166
Uncontrolled Keywords:tingkat suku bunga, lokasi, pelayanan, keputusan nasabah.
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
ID Code:12032
Deposited By: Edy Susilo
Deposited On:02 May 2011 10:23
Last Modified:02 May 2011 10:23

Repository Staff Only: item control page