PROFIL BUTIR SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS III IPA SMA ISLAM SUDIRMAN TANGGUNGHARJO GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2004/2005

Lazim, Muh. (2008) PROFIL BUTIR SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS III IPA SMA ISLAM SUDIRMAN TANGGUNGHARJO GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420950072.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
A420950072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

Tujuan dari pene litian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebe naran butir soal ulangan umum semester gasal mata pelajaran biologi di SMA Islam Sudirman Tanggungharjo Grobogan Tahun Pelajaran 2004/2005. Obyek dalam penelitian ini ada lah seluruh butir soal ulangan umum semester gasal mata pelajaran IPA Biologi di SMA Islam Sudirman Tanggungharjo Grobogan yang terdiri dari soal-soal ulangan umum semester gasal kelas III IPA. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan butir soal untuk ulangan umum semester gasal di SMA Islam Sudirman Tanggungharjo Grobogan untuk kelas III IPA berdasarkan kaidah penulisan butir soal obyektif adalah kejelasan pertanyaan soal 100%; option homogen 100%; perumusan pertanyaan bersifat positif 100%; option berbentuk angka, nama, dan tahun harus urut 100%; option yang terlahir tidak boleh menggunakan "semua pilihan jawaban salah" atau "semua pilihan jawaban benar" 100%; sistem tidak menggunakan ungkapan tidak tentu 100%; 100%, sudah menggunakan 4 atau 5 option. Ranah kognitif yang digunakan untuk soal obyektif C2 = 90%, C2 = 2% dan C4 = 8% sudah cukup sesuai dengan TIK kaidah penulisan soal subyektif adalah batasan pertanyaan dan jawaban yang jelas 100%. Kalimat soal atau pertanyaan menggunakan kata perintah 10%. Petunjuk ya ng je las tentang mengerjakan soal l00%. Ranah kognitif yang digunakan untuk soa l subyektif C1 = 80% dan C4 = 20% sudah cukup sesuai dengan TIK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Butir soal, Kognitif, Perumusan, TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2009 02:40
Last Modified: 01 Feb 2011 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item