ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN USAHA KERAJINAN KUNINGAN DI DESA KEBASEN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL

TAUFIQ, FAHMI (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN USAHA KERAJINAN KUNINGAN DI DESA KEBASEN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB__1.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini pertama menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan usaha kerajinan kuningan di Desa Kebasen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Kedua untuk mengetahui faktor apa yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kesuksesan usaha kerajinan kuningan. Hipotesis dalam penelitian ini pertama diduga bahwa faktor tingkat pendidikan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kesuksesan usaha kuningan di Desa Kebasen. Kedua diduga bahwa faktor pengalaman usaha mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kesuksesan usaha kuningan di Desa Kebasen. Ketiga diduga bahwa faktor tenaga kerja tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kesuksesan usaha kuningan di Desa Kebasen. Keempat diduga bahwa faktor pengalaman usaha mempunyai pengaruh paling dominan terhadap tingkat kesuksesan usaha kuningan di Desa Kebasen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menggambarkan pengaruh variabel independent (tingkat pendidikan, pengalaman usaha dan tenaga kerja) terhadap variabel dependent (kesuksesan usaha). Hasil analisis data pengujian terhadap masing-masing variabel independent dengan menggunakan uji t. Untuk variabel tingkat pendidikan diperoleh nilai t-hitung lebih kecil dari nilai t tabel (0,659 < 2,045) artinya variabel tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan usaha kerajinan kuningan. Untuk variabel pengalaman usaha diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,651 > 2,045) artinya variabel pengalaman usaha berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan usaha kerajinan kuningan. Untuk variabel tenaga kerja diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari nilai t tabel (6,345 > 2,045) artinya variabel tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan usaha kerajinan kuningan. Sedangkan pada pengujian secara bersama-sama untuk variabel independent (tingkat pendidikan, pengalaman usaha dan tenaga kerja) dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung 59,898 sedangkan Ftabel 2,99. (59,898 > 2,99) artinya tingkat pendidikan, pengalaman usaha dan tenaga kerja secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan usaha kerajinan kuningan. Sedangkan pada koefesien regresi, variabel dengan nilai 0,505 artinya variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kesuksesan usaha kerajinan kuningan adalah tenaga kerja. Sedangkan pada koefesien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,859 artinya tingkat pendidikan, pengalaman usaha dan tenaga kerja dapat memberikan informasi/ menjelaskan kesuksesan usaha kerajian kuningan sebesar 85,9%, sedangkan sisanya sebesar 14,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011-008
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pengalaman Usaha dan Tenaga Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 02 May 2011 10:19
Last Modified: 11 May 2011 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12029

Actions (login required)

View Item View Item