DESENTRALISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Survey pada Bank Pemerintah dan Swasta di Kabupaten Karanganyar)

SETIAWATI , RATIH (2011) DESENTRALISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Survey pada Bank Pemerintah dan Swasta di Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I_.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan desentralisasi dan gaya kepemimpinan sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer tingkat menengah dan bawah pada perusahaan jasa perbankan diwilayah Kabupaten Karanganyar. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh responden sebanyak 33 manajer dari 4 bank (PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang, PT. Bank Perkreditan Rakyat Cita Dewi, PD. Bank Perkreditan Rakyat BKD Karanganyar, PD. Bank Perkreditan Rakyat BKK Tasikmadu). Model analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian instrumen yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji koefisien determinasi (R2 ), uji signifikan parsial (uji-t) dan uji signifikan simultan (uji-F). Pengujian terhadap hipotesis pertama menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan dan hubungan negatif antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Pengujian terhadap hipotesis kedua menunjukkan bahwa desentralisasi sebagai variabel moderating tidak dapat mempengaruhi hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Sedangkan pengujian terhadap hipotesis ketiga menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan sebagai variabel moderating tidak dapat mempengaruhi hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kinerja Manajerial, Desentralisasi, Gaya Kepemimpinan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 May 2011 10:10
Last Modified: 02 May 2011 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12027

Actions (login required)

View Item View Item