APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

SETYORINI , ANI (2007) APLIKASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
Hal_Depan.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar perpustakaan)
Dapus.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 2 & 3)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab 4 & 5)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran problem posing pada siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta kelas X semester II tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas XA, XB, XC, XD, XE, dan XF. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas XF dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciriciri siswa kurang berminat belajar, siswa pasif dalam belajar, hasil belajar siswa rendah. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kuantitatif, karena menggunakan uji statistik yaitu regresi linier dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. .Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,00 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,92, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,97 dan siklus III meningkat menjadi 7,82. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan problem posing pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar point atau 68,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan problem posing meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XF SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,6818 point atau 68,18%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem posing, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 02 May 2011 10:05
Last Modified: 02 May 2011 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item View Item