KEGUNAAN INFORMASI LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI DALAM MEMPREDIKSI LABA MASA DEPAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2007 - 2009)

JAYA , JOHAN SUKMA (2011) KEGUNAAN INFORMASI LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI DALAM MEMPREDIKSI LABA MASA DEPAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2007 - 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
awal_halaman_judul_-_abtraksi.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

Laba Akuntansi merupakan selisih antara penghasilan yang berasal dari transaksi-transaksi perusahaan pada periode tertentu dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan penghasilan tersebut, sedangkan Arus Kas Operasi merupakan aktivitas penghasil utama pendapatan perusahaan dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan kemampuan prediksi laba akuntansi dan arus kas operasi dalam memprediksi laba di masa depan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2007-2009 yang dapat dilihat pada Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2009 yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia setiap tahunnyadan website resmi yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia, sedangkan sampel yang digunakan untuk data penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang digunakan adalah laba bersih setelah pajak dan arus kas dari aktivitas operasi. Teknik analisis data menggunakan (1) Pengujian Asumsi klasik (Normalitas, Multikolinieritas, Heteroskedastisitas, dan Autokorelasi), (2) Analisis Regresi Berganda, (3) Pengujian Hipotesis (Uji t, Uji F, dan Uji R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Variabel laba akuntansi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap laba di masa depan sehingga laba akuntansi tidak terbukti mempunyai kemampuan untuk memprediksi laba di masa depan, (2) Variabel arus kas operasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap laba di masa depan sehingga arus kas operasi terbukti dapat memprediksi laba di masa depan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi, Laba masa depan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 May 2011 09:38
Last Modified: 02 May 2011 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item