PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA(EARNINGS MANAGEMENT)(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008)

PRASETYO , EWIT HARI (2010) PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA(EARNINGS MANAGEMENT)(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

Manajemen laba merupakan tindakan manajemen yang berupa campur tangan dalam proses penyusunan laporan keuangan dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraanya secara personal maupun untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemilikan saham institusinal, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan proporsi dewan komisaris independen terhadap besaran manajemen laba (earnings management). Kepemilikan saham institusional diukur berdasarkan saham yang dimiliki oleh lembaga/institusi baik negeri maupun swasta, ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan total aktiva, ukuran dewan komisaris diukur dari jumlah anggota dewan komisaris yang ada di perusahaan dan proporsi dewan komisaris independen diukur dari anggota dewan komisaris eksternal. Penelitian ini menggunakan data empiris perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2008 dengan sampel 51 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besaran manajemen laba (earnings management) adalah kepemilikan saham institusional, ukuran perusahaan, dan proporsi dewan komisaris independen. Sedangkan variable ukuran dewan komisaris tidak terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besaran manajemen laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011-001
Uncontrolled Keywords: kepemilikan saham institusional, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, manajemen laba (earnings management).
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2011 09:56
Last Modified: 07 May 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item