IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH REJOSARI LOROG TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HASTAMI , IKA (2010) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH REJOSARI LOROG TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (292kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
File_1._Skripsi_Ika_Hastami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan perkembangan kreativitas anak di BA Aisyah Rejosari Kecamatan Tawangsari Sukoharjo. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak didik kelas B BA Aisyah Rejosari tahun 2010 yang berjumlah 20 didik. Data diperoleh melalui obsevasi kreatifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan proses adanya peningkatan prosentase kreativitas dalam menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan kreativitas anak dalam menjawab pertanyaan sebanyak 10 anak (50%), siklus I mencapai 12 anak (60%), dan siklus II mencapai 18 anak (90%) serta kreativitas dalam menceritakan kembali gambar dalam buku cerita bergambar sebelum penelitian sebyak 8 anak (40%), siklus I mencapai 10 anak (50%) dan siklus II mencapai 18 anak (90%). Oleh karena itu buku cerita merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, kreativitas anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:43
Last Modified: 28 Apr 2011 09:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11950

Actions (login required)

View Item View Item