PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI SWALAYAN SURYA LAKSANA PURWODADI

SETIADI, WAHYU HIDAYAT (2010) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI SWALAYAN SURYA LAKSANA PURWODADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] Microsoft Word (Abstrak & daf. pustaka)
ABSTRAK_&_DAFTAR_PUSTAKA.doc

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Hal. depan & bab 1)
Cover_&_Bab_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
Keseluruhan_Skripsi_Wahyu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Untuk membangun kepuasan pelanggan, pengukuran dan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan sangat penting dilakukan. Kepuasan pelanggan adalah konsep yang jauh lebih luas dari hanya sekedar penilaian kualitas pelayanan, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diantaranya yaitu kualitas jasa, kualitas produk, harga dan faktor situasi dan personal dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi tentang harga terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Surya Laksana Purwodadi dan faktor apa yang paling berpengaruh terhadap minat berbelanja konsumen di Swalayan Surya Laksana Purwodadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Swalayan Surya Laksana Purwodadi. Sedangkan jumlah sampel yang dapat dipakai untuk penelitian berjumlah 40 orang. Alat uji yang dipergunakan adalah uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang merupakan uji instrumen penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows. Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan bahwa faktor kepuasan konsumen, yaitu kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat berbelanja konsumen pada Swalayan Surya Laksana Purwodadi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas t masing-masing sebesar 0,043 (kualitas pelayanan), 0,026 (kualitas produk) dan 0,011 (harga), hasil probabilitas tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis pertama yang menyatakan bahwa “Diduga kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Surya Laksana Purwodadi”, terbukti kebenarannya. Variabel harga memiliki nilai koefisien regresi yang paling besar dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk yaitu sebesar 0,354, hal ini berarti harga merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap minat konsumen berbelanja. Hal ini berarti hipotesis kedua yang menyatakan bahwa “Diduga faktor harga berpengaruh paling dominan terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Surya Laksana Purwodadi”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kualitas pelayanan, kualitas produk, harga minat berbelanja Konsumen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:50
Last Modified: 28 Apr 2011 09:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

View Item View Item