UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN

SAFITRI , ERMA (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TK MOJOREJO 1 SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
JUDUL_BAB_I-ERMA_SAVITRI-PAUD-UMS.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
ALL-ERMA_SAVITRI-PAUD-UMS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbahasa anak melalui metode bernyanyi di TK Mojorejo 1 Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi, review, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Pembelajaran di TK melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase ketrampilan berbahasa dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan ketrampilan berbahasa anak sebesar 13.33% atau 4 anak, peningkatan tindakan ketrampilan berbahasa siklus I mencapai 46.67 % atau 14 anak dan tindakan ketrampilan berbahasa pada siklus II mencapai 80.00 % atau 24 anak; 2) Metode pendukung mempunyai peranan sangat penting dalam tindakan ketrampilan berbahasa melalui pemanfaatan beberapa tema bernyanyi, misalnya dengan tema ”Satu-satu”, ”Kebunku”, dan ”Kucingku”. Dalam hal ini metode pendukung yakni pemberian waktu untuk mengeksplor kemampuan diri dan pemberian rewads very good membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran serta memotivasi anak untuk aktif dalam proses pembelajaran

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Ketrampilan Berbahasa, Metode Bernyanyi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:35
Last Modified: 28 Apr 2011 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11947

Actions (login required)

View Item View Item