PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH V GEMOLONG (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di TK Aisyiyah V Gemolong)

SETYORINI, TRI ARIYANTI (2010) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH V GEMOLONG (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di TK Aisyiyah V Gemolong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (575kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
File_1._Skripsi_-_Tri_Ariyanti_Setyorini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tri Ariyanti Setyorini (A520085040), Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Didik Kelompok B Di TK Aisyiyah V Gemolong, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010, 83 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas/daya cipta anak melalui permainan konstruktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas anak adalah menggunakan metode pemberian tugas dengan permainan konstruktif menggunakan media balok. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah V Gemolong tahun ajaran 2010/2011. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas/daya cipta anak melalui permainan konstruktif berupa balok yakni sebelum tindakan 50%, siklus I mencapai 59,2%, siklus II mencapai 72,7% dan siklus III 90,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan konstruktif berupa balok sangat tepat dan dapat meningkatkan kreativitas

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-35
Uncontrolled Keywords: kreativitas, permainan konstruktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:20
Last Modified: 02 Jul 2012 08:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11943

Actions (login required)

View Item View Item