HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011

WINARSIH , WINARSIH (2010) HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI RA/BA KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (715kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
File_1._Skripsi_Winarsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Belajar anak di sekolah, 2). Hubungan Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Belajar anak dirumah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak didik TK. A RA/BA Kecamatan Grogol. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 20 anak. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan korelasi product dengan alat Bantu program SPSS versi 16.0 yang sebelumnya diuji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian pada menunjukkan bahwa : 1). Ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar disekolah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji korelasi sederhana diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,525 (Positif), dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,18.2). Ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar dirumah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji korelasi sederhana diperoleh nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,685 (Positif) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan positif antara pola asuh anak permisif dengan kemandirian belajar anak yang artinya semakin tinggi penerapan pola asuh diberikan maka semakin tinggi kemandirian belajar anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-004
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Permisif , Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:16
Last Modified: 04 May 2011 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11942

Actions (login required)

View Item View Item