PENGENALAN NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK- KANAK MELALUI METODE BERMAIN (STUDI KASUS DI TK PERTIWI PANDEYAN IV )

Astuti , Ernawati Puji (2010) PENGENALAN NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK- KANAK MELALUI METODE BERMAIN (STUDI KASUS DI TK PERTIWI PANDEYAN IV ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Keseluruham)
File_1._Skripsi_Ernawati_Puji_Astuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)

Abstract

pengenalan nilai agama Islam melalui metode bermain di TK Pertiwi Pandeyan IV kelompok B tahun ajaran 2009-2010 di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, 2) Mendiskripsikan kesesuaian implementasi pengenalan nilai agama Islam di TK Pertiwi Pandeyan IV kecamatan Jatinom sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran pengenalan agama Islam, 3) Mengidentifikasikan faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengenalan nilai agama Islam melalui metode bermain di TK Pertiwi Pandeyan IV kelompok B tahun ajaran 2009-2010 di kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik trianggulasi data. Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat berbagai macam prosedur permainan dalam pengenalan nilai Agama Islam yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran kepada anak di TK Pertiwi Pandeyan IV antara lain: Pesan berantai, lingkaran sholat dan jumlah rakaat. 2) Implementasi pengenalan agama Islam di TK Pertiwi Pandeyan IV sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran agama Islam anak TK. Adapun implementasinya dapat ditunjukan dengan materi yang disampaikan menekankan pada kehidupan sehari-hari, pemberian keteladanan, kesesuaian kurikulum yang mana penyampaiannya secara bertahap, kesesuaian dengan prinsip DAP, monitoring. 3) Faktor pendukung proses kegiatan pembelajaran dalam pengenalan nilai agama Islam di TK Pertiwi Pandeyan IV meliputi: Adanya buku Penghubung, Kegiatan dilakukan di awal kegiatan, Pengembangan permainan yang inovatif, Kegiatan permainan yang familiar bagi anak. Namun yang menjadi penghambat dalam kegiatan pengenalan nilai Agama Islam melalui metode bermain adalah Anak kurang berminat untuk sekolah, Kurangnya tenaga kependidikan, Terbatasnya waktu, media pembelajaran yang kurang memadai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-014
Uncontrolled Keywords: pengenalan, nilai agama Islam,bermain
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 08:57
Last Modified: 04 May 2011 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11938

Actions (login required)

View Item View Item